Tuesday 20 September 2011

Distro Linux

Tidak seperti windows; Linux mempunyai banyak distribusi / distro. Sekarang ini mungkin ada 500 distro Linux diseluruh dunia. Saya akan memberikan beberapa patokan siapa tau teman-teman tertrik untuk menginstall Linux.:inlove:
distro linux
Saya membagi 2 aras untuk keseluruhan distro :

1. Distro Aras Atas
2. Distro Aras Bawah

1.Distro Linux aras atas.
Distro ini umumnya ditujukan kepada end-user / pengguna akhir yang menginginkan kemudahan dalam instalasi, konfigurasi, dan pemakaian. Distro ini seringkali digunakan untuk komputer desktop. (komputer yang biasa digunakan sehari-hari pada umumnya)
Distro tersebut akan melakukan segala sesuatunya untuk kita. Mulai dari pengenalan perangkat keras, konfigurasi kartu grafik, audio, dan lain sebagainya dilakukan secara otomatis.
Umumnya distro ini mempunyai 'Pusat Kontrol' terpusat.
Distro populer yang dapat kita pilih adalah : Ubuntu, Mandriva, Fedora, dan OpenSuse

Distro Aras bawah
Distro ini umumnya digunakan untuk server dan workstation . Biasanya kalangan administrator, developer, programmer, dan hacker (mereka yang suka mengotak-atik jeroan sistem operasi dan program2 ) lebih menyukai distro aras bawah.

Instalasi dan konfigurasi pada distro ini umumnya manual. Meskipun begitu, distro aras bawah menawarkan fleksibelitas, kestabilan, dan keamanan yang lebih baik.
Distro populer yang dapat kita pilih adalah : Debian dan Slackware.
Namun Distro aras ataspun dapat menjalankan fungsinya sebagai server dengan baik. Begitu juga Slackware pun bisa digunakan untuk keperluan komputer desktop.
Ciri yang tampak untuk membedakan distro aras atas dan bawah adalah : Saat booting pertama kali, umumnya default tampilan distro aras atas adalah grafik. Sedang distro aras bawah adalah mode teks.


Welcome to Linux 2.6.21.5 (tty1)
cyberstupid login :


Jika kita pernah menjumpai 2 baris diatas, kita sedang berhadapan dengan distro linux aras bawah.

Disamping itu, banyak distro linux yang berupa Live CD. Maksudnya, untuk menjalankan distro tersebut tidak perlu melakukan instalasi. Cukup boot dari CD/DVD, dan Linux sudah aktif dikomputer kita.
Distro linux Live CD banyak digunakan sebagai tester keamanan, demo linux, tool rescue, dan lain sebagainya. Sebagian pula menyertakan opsi USB flashdisk. (boot lewat USB flashdisk).
Distro linux Live CD yang populer antara lain :Puppy Linux, Knoppix ,dan Slax

Banyak juga distro mengkhususkan diri di area tertentu. Misal distro khusus tester keamanan, distro khusus rescue, distro khusus firewall, dan lain sebagainya. Distro ini dapat berupa Live CD atau memerlukan instalasi.
Semisal Backtrack mengkhususkan diri di tester keamanan,M0n0wall di firewal, dan lain sebagainya.
Jika kita mencari distro untuk warnet misalnya, kita dapat menggunakan zencafe :)

Well jika kalian bertanya mana Distro terbaik ? :anongnangyari:
Saya akan menjawab Slackware karena buat saya ini adalah distro terbaik.(tentu saja saya menjawab demikian karena ini adalah distro yg saya pakai). :)Tapi jangan kuatir, kalian bisa mengatakan hal yang beda dan itu juga benar.

Jadi kesimpulananya:

Jika ingin belajar Linux dan ada waktu, pilihlah distro Linux aras bawah.
Jika ingin kemudahan, bebas virus, dan legal, gunakan distro aras atas.
Ingin sekedar testing linux ? Gunakan Live CD.
Punya 'Gawe' khusus ? Gunakan distro spesial. (jika tidak ingin repot) :)

No comments:

Post a Comment