Tuesday 27 September 2011

Konversi Tabel Partisi MBR ke GPT Menggunakan GPT fdisk


Pagi ini saya baru aja slese mengkonversi tabel partisi MBR saya ke GUID Partition Table atau GPT.sebuah alasan kenapa saya mencocoba GPT karena GPT itu barang baru, dan saya pengen ngerasain bagaimana sih GPT itu. Tapi sebelumnya saya saranin buat temen2 yang memiliki harddisk dengan ukuran besar, anggaplah di atas 160GB, sebaiknya gunakan GPT karena lebih kuat untuk menangani ukuran blok data yang lumayan besar dan lebih efisien dalam mengalokasikan ruang partisi.

Untuk lebih lengkapnya mending liat dokumentasi GPT di alamat-alamat berikut ini:
  1. http://en.wikipedia.org/wiki/GUID_Partition_Table
  2. http://en.wikipedia.org/wiki/Master_boot_record
  3. http://www.rodsbooks.com/gdisk/


Prosesnya pun sngat cepat dan mudah.saya hanya cukup nyediain 2 perangkat bootable linux, yang pertama adalah GParted dan yang kedua adalah CD/DVD/USB installer Slackware.

warning !!
Sebelumnya,backup dulu seluruh data temen2, atau gunakan QEMU (atau VirtualBOX) untuk mencoba-coba bereksperimen mengubah tabel partisi MBR ke GPT. Jika temen2 sudah yakin dan paham resikonya, silakan ikuti langkah-langkah berikut.





Hal pertama yang saya lakukan adalah menyusutkan ukuran partisi /home yg sebelumnya memakan semua ruangan di bagian akhir harddisk saya. saya harus menyusutkan partisi terakhir tersebut dan menyediakan ruang kosong sekitar 8MB di bagian akhir harddisk karena GPT akan menggunakan ruang tersebut untuk menyimpan informasi tabel partisinya. Untuk menyusutkan ukuran partisi ini,saya gunakan GParted yg sudah terjamin keamanannya,setidaknya saya berani menjamin GParted tidak akan merusak data dan harddisk temen2. Selalu gunakan GParted atau peralatan sejenis untuk memanipulasi partisi linux temen2 karena dalam kitab suci Linux saya, haram hukumnya memanipulasi tabel partisi atau partisi linux dalam kondisi harddisk aktif atau sedang digunakan oleh sistem.

Setelah ukuran partisi saya susutkan, untuk jaga-jaga saya backup dulu tabel MBR menggunakan sfdisk:
# sfdisk -d /dev/sda > /LOKASI/BACKUP/mbr-sda.txt

perintah ini berguna jika kita akan merestorasi tabel MBR. Setelah itu sya gunakan program gdisk untuk mengubah tabel MBR ke GPT. Caranya cukup jalankan gdisk (saya cuma mengkonversi harddisk pertama:

/dev/sda

):
# gdisk /dev/sda

contoh gambar

Secara otomatis jika gdisk mendapatkan sebuah harddisk dengan tabel partisi MBR, maka gdisk akan memberikan pilihan untuk mengkonversi MBR ke GPT. Jika kita tidak ingin mengubah MBR ke GPT, cukup tekan q dan enter untuk keluar dari gdisk (Q/QUIT). Jika kita tekan tombol "W" atau "Write GPT to Harddisk" maka gdisk akan mengkonversi MBR ke GPT. Dari percobaan saya,gdisk selalu berhasil untuk mengkonversi MBR ke GPT tanpa kesalahan, tetapi percobaan saya bukanlah jaminan untuk temen2.
Setelah proses konversi berhasil tanpa kesalahan,langsung saya reboot leppi saya dan mengganti perangkat boot GParted dengan DVD installer Slackware untk install ulang LILO karena LILO di boot block yg lama tidak mengenali struktur tabel GPT yang baru. Setelah itu reboot sekali lagi,saya sudah ber-GPT sekarang.

Silakan buat temen2 yang berminat n pengen nyoba, tetapi ingat resiko ditanggung sendiri

No comments:

Post a Comment